Featured post

Bengkulu Wonderfull dengan keindahan persawahan kemumu

© Photographer : Rahmad Himawan Tertarik liburan di Bengkulu? Pesona wisata di Provinsi Bengkulu memang sangat memikat ? salah satu nya di...

Tips dan Trik Aman dalam Memotret Petir

Menikmati suasana Pagi atau sore dengan alam pedesaan di temani dengan secangkir kopi menunggu matahari terbit memang sangat asik, apalagi saat embun pagi masih terasa menyejukan hati dan dinginnya menemani, di awal bulan februari lalu sangat indah di mana cuaca sangatlah bersahabat dan baik untuk melakukan kegiatan di luar, dan musim tanam padi telah tiba, semoga ini tahun yang baik untuk kita semua, berada di desa kemumu lingkup persawahan dengan spot dan view ratusan hektar persawahan dengan gunung yang membiru indah di saat pagi atau sore hari. Tapi, Bagaimana jika momen dan waktu nya kita rubah sedikit ke arah yang lebih Dramatis dengan mengabadikan momen kilatan cahaya petir di daerah perbukitan dan persawahan kemumu.


Beberapa Waktu kemarau dan berencana mencari momen milkyway, namun tiba - tiba secara drastis perubahan cuaca dan mungkin bisa di ilang sangat sulit mendapatkan cuaca yang benar benar cerah di daerah dataran tinggi seperti di Desa Kemumu Bengkulu Utara yang secara letak Geografis nya berada tepat di Kawasan Bukit Daun, jadi wajar jika tidak ada Sehari Tanpa Hujan dan Badai, dengan Awan yang sangat Dekat dan Seperti Berjalan di Atas awan, menjadikan  nya tempat yang sangat tepat untuk mencari momen-momen yang lebih dramatis ke arah Storm Chaser Photo, karena Badai yang Sangat sering terjadi entah itu pagi siang sore dan malam.

dan di bawah ini merrupakan File Asli dari Foto di atas, menggunakan Kamera Canon 600D dengan Lensa 18-55mm dengan Focal 18mm pada Pengaturan Manual di Shutter 2 Detik, Bukaan Lensa F13 dan ISO 100 dengan menggunakan Filter CPL untuk Melindungi Lensa dari Rintik Hujan dan Menetralkan Pantulan dan Cahaya dari Hujan, dengan Lokasi menghadap ke Arah Barat laut dengan Posisi menghadap antara Desa Gunung Besar yang dimana Lokasi tersebut sering Menjadi Pusat Arus daya Magnet Kilatan / Sambaran Petir "menurut beberapa sumber".
Momen di atas setelah melakukan Drama 7 kali/Hari menunggu dan dengan Hasil Nihil tanpa mendapatkan Momen Kilatan, Namun Semuanya usaha tidak Sia-sia setelah mendapatkan sekali momen ini, dimana setelah menunggu dari jam 3-5 dan cuaca mulai sedikit reda hujan, mencoba kembali dengan meletakan kamera dan menunggu dengan kopi akhirnya mendapatkan momen ini.

dan berikut saya akan membagikan beberapa Tips dan Trik aman memotret Kilatan Petir

1.Berdoa dan Niatkan Hati
Berdoa adalah kunci utama dalam setiap langkah, tidak ada yang tidak mungkin, jadi utamakan keselamatan dengan berdoa, agar mendapatkan perlindungan saat megabadikan momen seperti ini, karena petir menurut agama islam adalah cambuk malaikat dalam Al-Quran Surat Ar-Ra'd (Arab:الرعد; Ar-Ra`d) adalah salah satu malaikat yang di berikan tugas untuk mengatur awan dan hujan, ia mengaturnya dengan menggunakan petir sebagai cambuk. "

2.Pantau Ramalan Cuaca
Memantau Ramalan Cuaca sangat Penting, kalian bisa menggunakan banyak aplikasi Ramalan Cuaca, dan kalian bisa memilih kapan waktu dan jam nya dan kapan badai petir terjadi, biasanya hal tersebut di sebutkan, meski semua terjadi akan rahasia alam, tidak ada salahnya jika kita juga menambah pengetahuan dengan adanya teknologi masa kini.

3.Datang Lebih Awal
Datanglah Lebih Awal sebelum Hujan Turun atau Hari Sudah Mulai Gelap, karena bisa saja ada momen Kilatan Petir Sebelum Hujan Turun juga untuk mengantisipasi kehujanan di jalan ya wkwkwkwk

4.Tentukan Lokasi Pemotretan
Pada saat menentukan lokasi Pemotretan Kilatan, Lebih Baik Cari Lokasi yang Tidak Pernah Terjadi Sambaran Petir, Jauh dari Penangkal Arus Petir, Jauh Dari Benda yang bersifat Magnet, dan jangan di lapangan Terbuka, tunggulah di Pondok Petani.

5.Siapkan Makan Minum
Mmengapa makan minum, kita kan motret bukan piknik? " ya memotret dan mengabadikan momen seperti ini bukan seperti memotret yang lain, yang bisa kita atur waktu tempat dan gerak nya, kita menunggu, kadang juga dapat atau tangan kosong, jadi lebih baik sambil menunggu tidak ada salahnya sambil menikmati suasana.

6. Siapkan Kamera dengan Baterai Cukup
Menyiapkan Peralatan Kamera, sebelum nya berangkat, seperti baterai yang cukup dan cadangan, Tripod jika ada kalau belum kalian bisa memanfaatkan sesuatu yang datar di lokasi, memori kameraa yang cukup. kenapa semua mesti disiapkan "karena terkadang kita bisa menghabiskan beberapa shutter tapi kalah cepat dengan momen petir nya, dan mendapatkan foto yang pas itu ya luar biasa rasanya.

selanjutnya berikut adalah foto yang mendapatkan kilatan Cahaya yang berada di Arah Gunung Bukit Daun. pada saat kali ke 2 mencoba mengabadikan dan diberikan sedikit obat mendapatkan momen ini.


bagaimana sedikit pendapat dan inspirasi saya tentang fotografi Kilatan Petir, yang saya bagikan semoga bermanfaat dan bisa menambah semangat untuk tetap produktif dengan melakukan hal postive yang bisa menambah tabungan, kalau ada tambahan kalian boleh berikan masukan di kolom komentar, Terimakasih.. #stay5M


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

×Close

Notifications

Disqus Logo